Penemu mesin
pembakaran dalam ( internal combustion engine ). Lahir 14 Juni
1832 di Holzhausen, Jerman. Penemuan mesin 4 tak oleh Otto dilhami
oleh penemuan mesin 2 tak oleh Etiene Lenoir, cuma
sayangnya bahan bakar mesin 2 tak saat itu adalah gas. Otto berpikiran, kalau
saja bahan bakarnya bisa menggunakan bahan bakar cair, akan lebih mudah
pengoperasiannya. Otto kemudian merancang karburator, dan dipatenkan. Tapi
ditolak oleh lembaga paten, karena ada alat serupa pernah dibikin orang lain.
Pekerjaan Otto sebelumnya adalah seorang penjual teh (
travelling salesman tea ), kopi dan gula. Otto berhenti dari pekerjaan sebagai
salesman di tahun 1864. Dia lebih menekuni penemuannya. Mulailah dia membangun
angan-angannya. Dia mendirikan Engine Manufacturing Company N.A &
Otto ( sekarang menjadi DEUTZ AG di Koln. Jerman )
Pada akhirnya Otto menekuni dan penyempurnakan penemuan
Entiene Lenoir. Tahun 1862 dia mengganggas sebuah model mesin baru dengan
bergerak atau bekerja atas dasar empat dorongan putaran (mesin Lenoir bekerja
atas dasar 2 kali dorongan putaran.). Januari 1862 Otto mulai membuat
jenis mesin tersebut. Karena kesulitan dalam segi sistim pembakaran untuk
menggerakan mesin agar lebih praktis, maka ia tinggalkan projek mesin 4 tak
tersebut, dan dia beralih untuk menyempurnahkan mesin tipe 2 tak yang digerakan
oleh gas. Hasilnya, ia patenkan di tahun 1863. Pada tahun itu juga dia
menemukan partner bernama Eugenne Langen, pemilik perusahaan gula.
Dialah yang membiayai penelitian dan ciptaannya. Mereka berdua membuat pabrik
kecil, meneruskan ciptaan yang sudah dipatenkan. Tahun 1867 mesin
sistim 2 dorongan putaran dengan menggunakan bahan bakar gas, dapat medali
dalam WORD FAIR di Paris. Tahun 1872 dia merekrut
seorang engineer muda bernama Gottlieb Daimler.
Kerja sama mereka mampu memajukan pabrik yang telah
dibuat. Mesin Otto menjadi pelopor pembuatann mobil Gottlieb Daimler dan Karl
Benz. Mobil Daimler pertama berkekuatan 6 tenaga kuda, dijual pada
Pangeran Wales. Mobil BENZINE BUGGY dipatenkan tahun 1895.
Walau mendapat keuntungan besar dari penjualan mesin
dengan tipe 2 tak tersebut, Otto masih belum bisa lepas dari angan-angannya
tentang mesin tipe 4 dorongan putaran ( 4 tak ), yang mengompres campuran bahan
bakar minyak dan udara sebelum terjadi pembakaran, yang akan menjadi tenaga
dorong putaran. Merupakan penyempurnaan mesin 2 tak ciptaan Lenoir yang
tak terbandingkan. Model pertama mesin 4 tak berhasil diciptakan ditahun 1876 pada
bulan Mei. Hak paten atas mesin 4 tak tersebit
diperoleh Otto setahun kemudian. Karena mesin tersebut mempunyai
keunggulan yang amat jelas, maka sangat cepat direspon pasar. Dalam tempo 10 tahun
telah terjual lebih dari 30.000 mesin. Dampaknya, semua mesin tipe
Lenoir menjadi tersisihkan.
Di tahun 1886, paten Otto atas penemuannya tersebut
menjadi perkara, karena seorang Perancis bernama Alphonse Beau de Rochas mempunyai
gagasan serupa di tahun 1862. Tapi Alphonse Beau de Rochas tidak bisa
dianggap seorang tokoh penemu, karena penemuannya tidak pernah dipasarkan dan
dipublikasikan, walaupun sudah pernah dipatenkan.Lebih jauh lagi, tidak pernah
muncul model ciptaanya. Yang lebih penting lagi, Otto tidak dapat ilham
ciptaanya dari Alphonse Beau de Rochas, melainkan dari mesin 2 tak ciptaan
Lenoir. Otto tidak kehilangan hak paten atas ciptaannya mesin 4 tak, tapi
dipasar mesinnya menjadi semakin laku. Saat Otto meninggal di tahun1891, dia
dalam keadaan yang sangat kaya.
Sejarah Mercedes Benz.
Tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari
perusahaan Otto, karena dia berkeinginan membuat sepeda bermesin. Menjelang
tahun 1883 dia berhasil menciptakan mesin dengan sistim pembakaran yang
sempurna, ( tapi bukan seperti mesin yang kita kenal sekarang ) yang mampu
mencapai putaran 700-900 rpm ( rotasi per-menit / putaran
permenit ). Saat itu mesn model Otto mempunyai rpm 180-200. Pada
saat itu Daimler berusaha keras membuat mesin untuk sepeda, yang berarti sepeda
motor pertama di dunia.
Tahun berikutnya Daimler membuat mobil
roda empat untuk pertama kalinya. Tapi pada saat yang sama Karl Benz membuat mobil
beroda tiga, sebuah mobil yang beberapa bulan mendahului Daimler. Mobil Benz
juga menggunakan mesin versi Otto. Mobil Benz melaju dalam kecepatan dibawah 400
rpm, tapi pada saat itu, sudah cukup memadai untuk dianggap sebagai mobil
praktis. Dalam beberapa tahun Benz berhasil memasarkan mobilnya. Sedang Daimler
baru dapat memasarkan mobilnya sedikit lebih terlambat dari Benz, tapi diapun
berhasil dengan sukses..
Pada akhirnya, perusahaan Gottlieb Daimler dan Karl
Benz bergabung bersama. Dari gabungan dua orang genius itu lahirlah mobil Mercedes
Benz.
No comments:
Post a Comment