RANGKUMAN MATERI TIK KELAS 7 – 9 SMP
A. MATERI KELAS 7
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua
aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang
berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengelolaan informasi
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data dari perangkat
yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi
adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian
luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi,
pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh teknologi informasi :
- Computer
Contoh teknologi komunikasi :
- Surat
kabar
- Radio
- Telepon
- Televise
Alat pengolah data dari sejak zaman purba sampai saat ini
digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
Peralatan
Manual
→ Peralatan pengolah data yang sangat sederhana, dan
faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
Peralatan
Mekanik
→ Peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara menual
Peralatan
Mekanik Elektronik
→ Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis
oleh motor elektronik
Peralatan
Elektronik
→ Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat
hitung sebelum ditemukannya komputer :
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan
masih digunakan di beberpa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal
mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan
perhitungan menggunakan biji – bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para
pedagang pada masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi
perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa,
abacus kehilangan popularitasnya.
2. Kakulator Roda Numeric
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada
waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda
numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan
perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline,
menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga
delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.
Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3. Kalkulator Roda Numeric 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman,
Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat
mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini
bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan
gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.
4. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang
dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar,
arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi
karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa
Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu
membangun era komputasi mekanik.
Perkembangan komputer berdasarkan genersi :
1) Komputer
generasi pertama ( 1940 – 1959 )
Ciri :
Menggunakan
tabung hampa pd sirkuitnya
Program
hanya dibuat dengan bahasa mesin
Ukuran
fisik sangat besar dan memerlukan tempat luas
Capat
panas, perlu mesin pendingin
Proses
lambat
Kapasitas
sedikit
Butuh
data listrik besar
Aplikasi
terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II, IBM Selective
Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2) Komputer generasi kedua (
1959 – 1964 )
Ciri:
Menggunakan
trasnsistor pada sirkuitnya
Ukuran
fisik lebih kecil
Menggukana
program bahasa tingkat tinggi : FORTRON, COBOL, ALGOL
Kapasitsa
memori cukup besar
Menggukana
simpanan luar magnetic disMempunyai kemampuan realtime dan time sharing
Proses
operasi lebih cepat
Membutuhkan
daya lebih kecil
Aplikasi
lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC
1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3) Komputer generasi ketiga
( 1964 – awal 80-an )
Ciri :
Menggunakan
IC ( Integrated Circuit)
Peningkatan
software
Proses
pengolahan data lebih cepat dan akurat
Mempunyai
kapasitas memory lebih besar
Menggunakan
penyimpan luar
Daya
listrik lebih hemat
Menggunakan
multi processing
Menggunakan
visual display terminal, mampu menampilkan gambar dan grafik
Harga
murah
Dapat
berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC 1108, UNIVA 9000, NCR,
GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4) Komputer generasi keempat (
awal 80-an – sekarang )
Ciri :
Berukuran
lebih kecil
Harga
relative murah
Mecul
PC (personal computer)
Terdapat
aplikasi yang semakin lengkap
Menggunakan
VLSIC (Very Large Scale Integrated Circuit)
Menggunakan
chip yang bernama microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I, Apple II, Radio
Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT, Machintosh, IBM
PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5) Komputer generasi kelima
( computer masa depan )
Dalam pengembangan oleh Negara Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau tindakana yang melawan hokum
yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud
mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan
dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file atau data yang disimpan
dalam computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan computer
1. Menyalakan
stabilizer
2. Menyalakan power
pada Chassing / CPU
3. Menyalakan power
pada monitor
4. Menunggu computer
loading system operasi (missal Windows)
5. Tunggu beberapa
saat sampai keluar tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan computer
1. Klik tombol start
2. Pilih shut down
atau turn off
3. Klik OK
4. Tunggu beberapa
saat sampai computer mati
5. Matikan tombol off
pada monitor dan stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1. Perangkat masukan
(input device)
a. Keyboard
b. Mouse
c. Joystick
d. Scanner
e. Digital
camera
f. Microphone
g. Webcam
2. Perangkat proses
(process device)
a. Motherboard / Mainboard
b. CPU / Microprocessor : ALU:
aritmetic logical unit, CU:control unit, MU:memory unit
3. Perangkat simpan
(storage device)
a. Primary storage : ROM,
RAM
b. Secondary storage : harddisk,
disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat keluaran
(output device)
a. Monitor
b. Printer
5. Perangkat tambahan
(peripheral) : TV turner, card reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat luna
k
1. Sistem Operasi
a. Basis teks (CLI: Command
Line Interface) : MS-DOS, UNIX
b. Basis grafis (GUI:Graphic Unit
Interface) : Microsoft Windows, macintosh, Linux
2. Program Utility
a. File Viewer : ACDSee,
Adobe Reader
b. Sytem Utulity : program
Scandisk, hardware monitor, file compression, security program (antivirus, anti
spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa Pemprograman
: FORTRAN, COBOL. PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program Aplikasi
a. Program pengolah kata
b. Program pengolah angka
c. Program presentasi
d. Program multimedia
B. MATERI KELAS 8
I. PROGRAM
PENGOLAH KATA
Bagian penting Microsoft Word 2003
1. Menu control
2. Title bar
3. Menu bar
4. Toolbar
5. Scroll bar
6. Ruler
7. Kursor
8. Taskpane
Menu bar Word 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view,
insert, format, tools, table, window, help
Menu bar Word 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page
layout, reference, mailings, review, view
3 Toolbar utama di Word 2003: toolbar standart,
formatting, drawing
Ikon : lambing atau gambar yang mewakili seautu intruksi
/ perintah
Mengelola dokumen :
1. Membuka dokumen baru : file –new
2. Menyimpan dokumen : file – save as
3. Membuka dokumen : file – open
4. Menutup dokumen : file – close
Mengedit dokumen
i. Tipe
dan ukuran huruf : font , font size
ii. Attribute
teks : bold, italic, underline
iii. Perataan
teks : align left, center, align right, justify
iv. Menghapus
teks : delete
v. Membatalkan
perintah : undo, redo
vi. Mengulang
perintah : repeat
vii. Menyalin
teks : copy, paste
viii. Menindah
teks : cut, paste
ix. Pengaturan
halaman : file – page setup
x. Pengaturan
jarak spasi : format – paragraph
Menu Microsoft Word:
a. Bullet and numbering
b. Border and shading
c. Clip art
d. Wordart
e. Columns
f. Symbol
g. Dropcap
h. Header and footer
i. Page number
j. Table
k. Chart
Pengaturan indentasi : fist line indent, hanging
paragraph, left tab, center tab, right tab, decimal tab
Mencetak dokumen
a. Print
preview
b. Cetak dokumen
II. PROGRAM
PENGOLAH ANGKA
Tampilan Microsoft Excel
a. Workbook (buku kerja) :
file atau dolumen yang terdiri atas lembaran-lembaran (sheet)
b. Worksheet (lembar kerja) :
sekumpulan range
c. Column : deretan kolom
dinotasikan A sd IV (256 kolom)
d. Rows : deretan baris
dinotasikan 1 sd 65.536 (65.536 baris)
e. Cell : pertemuan baris
dan kolom
f. Range : sekumpulan sel
g. Active cell : bagian yang
ditunjukan oleh sel pointer
Menu bar Excel 2003 terdiri dari 9 : file, edit, view,
insert, format, tools, data, window, help
Menu bar Excel 2007 terdiri dari 7 : home, insert, page
layout, formulas, data, review, view
Bagian penting Microsoft Excel 2003
a. Baris judul
b. Baris menu
c. Tombol ukuran
d. Toolbar
e. Alamat sel
f. Baris formula
g. Judul kolom
h. Judul baris
i. Sel
j. Tabulasi sheet
k. Penggulung vertical dan
horizontal
l. Task pane
Rumus yang digunakan dalam Excel
- SUM
: menjumlah data pada suatu range
- AVERAGE
: menghitung rata-rata pada suatu range
- MAX
: mencari nilai tertinggi pada suatu range
- MIN
: mencari nilai terendah pada suatu range
- COUNT
: menghitung banyaknya data pada suatu range
C. MATERI KELAS 9
INTERNET & INTRANET
Internet berasal dari bahasa latin “inter” arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet adalah jaringan antara atau penghubung
Secara istilah internet : jaaringan computer yang luas dan besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna computer dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber daya informasi
Internet berasal dari bahasa latin “inter” arti antara, dan “net” arti jaring, jadi secara bahasa internet adalah jaringan antara atau penghubung
Secara istilah internet : jaaringan computer yang luas dan besar yang mendunia dan menghubungkan pengguna computer dari suatu negara dengan negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat sumber daya informasi
Sejarah lahirnya internet
1. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic, program riset ini dinamai ARPANET
1. Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika “US Defence Advance Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara emnghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organic, program riset ini dinamai ARPANET
2. Empat tempat yang pertama kali terhubung jaringan
ARPANET :
a. University of Utah
b. University California of Los Angles (UCLA)
c. University California of Santa Barbara (UCSB)
d. Stanford University
Intranet : sebuah jaringan computer local yang berbasis TCP/IP yang biasa digunakan pada perusahaan atau kantor
a. University of Utah
b. University California of Los Angles (UCLA)
c. University California of Santa Barbara (UCSB)
d. Stanford University
Intranet : sebuah jaringan computer local yang berbasis TCP/IP yang biasa digunakan pada perusahaan atau kantor
Fasilitas / layanan yang tersedia di internet :
1. www (World Wide Web)
2. E-mail (Electronic Mail)
3. IRC (Internet Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)
1. www (World Wide Web)
2. E-mail (Electronic Mail)
3. IRC (Internet Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)
Situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web
site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya
merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World
Wide Web (WWW) di Internet
Unsur Website
1. Domain Name
2. Hosting
3. Scripts
4. Design Web
5. Publication
Domain Name : alamat permanen situs di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
Istilah lain Domain Name : URL (Uniform Resource Locator)
1. Domain Name
2. Hosting
3. Scripts
4. Design Web
5. Publication
Domain Name : alamat permanen situs di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs
Istilah lain Domain Name : URL (Uniform Resource Locator)
Macam Domain Name
1. Generic Domains : domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level domain) yang tidak berafiliasi berdasarkan negara
Contoh :
.com : perusahaan komersial
.edu : badan pendidikan (universitas, institute)
.gov : lembaga pemerintah non militer
.mil : militer
.net : jaringan
.org : organisasi
.int : organisasi internasional
.ac : badan pendidikan (universitas)
1. Generic Domains : domain name yang berakhiran com, net, org, edu, mil, atau gov (top level domain) yang tidak berafiliasi berdasarkan negara
Contoh :
.com : perusahaan komersial
.edu : badan pendidikan (universitas, institute)
.gov : lembaga pemerintah non militer
.mil : militer
.net : jaringan
.org : organisasi
.int : organisasi internasional
.ac : badan pendidikan (universitas)
2. Country Spesific Domains : domain yang berkaitan
dengan dua huruf ekstensi (second level domain)
.id (Indonesia), .au (Australia) .jp (Jepang), .in (India), .uk (Inggris), .it (Italia), dsb…
Jika digabung :
.co.id : badan usaha di Indonesia
.ac.id : lembaga pendidikan di Indonesia
.go.id : lembaga pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : lembaga / organisasi di Indonesia
.sch.id : lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia
.id (Indonesia), .au (Australia) .jp (Jepang), .in (India), .uk (Inggris), .it (Italia), dsb…
Jika digabung :
.co.id : badan usaha di Indonesia
.ac.id : lembaga pendidikan di Indonesia
.go.id : lembaga pemerintahan Republik Indonesia
.or.id : lembaga / organisasi di Indonesia
.sch.id : lembaga pendidikan (SD, SMP, SMA) di Indonesia
JARINGAN INTERNET & AKSES INTERNET
Jaringan computer : himpunan sejumlah computer otonom yang saling terhubung satu sama lain
Manfaat jaringan computer :
1. Manajemen sumber daya lebih efisien
2. Mempertahankan informasi tetap andal dan up to date
3. Mempercepat proses berbagi data
4. Komunikasi lebih efisien
5. Pelayanan klien lebih efektif
Jaringan computer : himpunan sejumlah computer otonom yang saling terhubung satu sama lain
Manfaat jaringan computer :
1. Manajemen sumber daya lebih efisien
2. Mempertahankan informasi tetap andal dan up to date
3. Mempercepat proses berbagi data
4. Komunikasi lebih efisien
5. Pelayanan klien lebih efektif
Jenis jaringan computer
1. LAN / Local Area Network : jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer
2. MAN / Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota
3. WAN / Wide Area Network : jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara bahkan benua
4. Internet : kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda
1. LAN / Local Area Network : jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer
2. MAN / Metropolitan Area Network : versi LAN yang berukuran lebih besar dan menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau berada di sbuah kota
3. WAN / Wide Area Network : jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara bahkan benua
4. Internet : kumpulan jaringan yang saling terkoneksi satu sama lain, yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda
Backbone : jaringan koneksi antar computer yang
menjangkau dunia yang menyediakan layanan penuh untuk Internet Service Provider
(ISP)
Bandwidth : jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang menggunakan satuan Mbps (Mega byte per second)
Bandwidth : jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu, yang menggunakan satuan Mbps (Mega byte per second)
Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet :
1. Kecepatan Komputer pelanggan
2. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui
3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses
1. Kecepatan Komputer pelanggan
2. Kepadatan lalu lintas internet sepanjang rute yang dilalui
3. Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet
4. Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan
5. Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan meminta/mengakses
PERANGKAT KERAS JARINGAN KOMPUTER
Perangkat keras jaringan Komputer
1. Server
2. Clinet
3. Network Interface Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card
4. Switch Hub / konsentrator
5. Network Cable /kabel jaringan
6. Connector
7. PCMCIA Network Interface Card
8. Modem
9. Repeater
10. Bridge
11. Router
12. Crimping Tools
Perangkat keras jaringan Komputer
1. Server
2. Clinet
3. Network Interface Card (NIC) / kartu jaringan / LAN Card
4. Switch Hub / konsentrator
5. Network Cable /kabel jaringan
6. Connector
7. PCMCIA Network Interface Card
8. Modem
9. Repeater
10. Bridge
11. Router
12. Crimping Tools
Server : computer yang bertugas sebagai eplayan bagi
computer atau perengkat yang terhubung pada sebuah jaringan, bertugas untuk
membagi koneksi ke semua perangkat yang terhubung dalam jaringan
Client : computer yang menerima pelayanan dari server, yang dapat melakukan pengolahan data yang diambil dari server
Network Interface Card (NIC) : perangkat yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard server maupun client
Switch Hub : perangkat yang berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan menguatkan sinyal dari LAN Card
Network Cable : media transmisi yang mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang elektromagnetik
Connector : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan dengan komputer
PCMCIA Network Interface Card : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless)
Modem / modulator de modulator : peralatan yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya
Repeater : perangkat yang berfungsi memperkuat sinyal pada jaringan
Bridge : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain
Router : perangkat yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain
Crimping Tools : peralatan yang berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi kabel jaringan
Client : computer yang menerima pelayanan dari server, yang dapat melakukan pengolahan data yang diambil dari server
Network Interface Card (NIC) : perangkat yang berfungsi menghubungkan PC dengan jaringan, yang dipasang pada motherboard server maupun client
Switch Hub : perangkat yang berfungsi menghubungkan computer dengan jaringan, yang berfungsi mengubah sinyal data dan menguatkan sinyal dari LAN Card
Network Cable : media transmisi yang mengubungkan computer dengan jaringan, yang memancarkan gelombang elektromagnetik
Connector : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kabel jaringan dengan komputer
PCMCIA Network Interface Card : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan jaringan tanpa menggunakan kabel (wireless)
Modem / modulator de modulator : peralatan yang mengubah data dalam bentuk digital ke analog, dan sebaliknya
Repeater : perangkat yang berfungsi memperkuat sinyal pada jaringan
Bridge : perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN) dengan jaringan lain
Router : perangkat yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain
Crimping Tools : peralatan yang berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi kabel jaringan
Jenis Network Cable
1. Coaxial
2. Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted Pair (STP)
4. Serat Optik (Fiber Optic)
1. Coaxial
2. Unshielded Twisted Pair (UTP)
3. Shielded Twisted Pair (STP)
4. Serat Optik (Fiber Optic)
Jenis Connector
1. RJ 11, RJ 45 (UTP & STP)
2. BNC, MMCX, SMA, F, N, X, (Coaxial)
3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU, MTRJ, DIN (Fiber Optic)
AKSES INTERNET
1. RJ 11, RJ 45 (UTP & STP)
2. BNC, MMCX, SMA, F, N, X, (Coaxial)
3. ST, SC, FC, LC ,SMA, MU, MTRJ, DIN (Fiber Optic)
AKSES INTERNET
Jenis koneksi internet
1. Dial up
2. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)
3. Broadband
4. Mobile access (handphone)
5. Wi-Fi / hotspot
6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)
1. Dial up
2. ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line)
3. Broadband
4. Mobile access (handphone)
5. Wi-Fi / hotspot
6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)
Saluran telekomunikasi untuk akses internet :
Saluran
Telepon
ISDN
( Integrated Service Digital Network )
HDSL
( High Date – Rate Digital Subscribe Lines )
SDSL
( Symetrical Digital Subscriber Line )
ADSL
( Asymetric Digital Subscriber Line )
VDSL
( Very High – Bit – Rate – Digital Subscriber Line )
VSAT
( Very Small Aperture Terminal )
Radio
Poket
TV
Kabel
Kabel
Listrik ( PLC / Power Line Communication )
Teknologi
WAP ( Wireless Application Protocol )
GPRS
( General Packet Radio Service )
Wi-fi
( Wireless Fidelity )
Pertimbangan memilih ISP
1. Biaya langganan
2. Biaya pemasangan
3. Jarak ISP
4. Ruang atau space untuk membuat web
5. Perlindungan terhadap virus atau spam
6. Lamanya kontrak
7. Bantuan teknis
1. Biaya langganan
2. Biaya pemasangan
3. Jarak ISP
4. Ruang atau space untuk membuat web
5. Perlindungan terhadap virus atau spam
6. Lamanya kontrak
7. Bantuan teknis
AKSES INTERNET
Web browser : perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan menjelajah
E-MAIL
E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet
Web browser : perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses dan menjelajah
E-mail (electronic mail) : surat yang berbentuk elektronik yang memungkinkan pengguna internet untuk berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet
Jenis e-mail
1. POP Mail : e-mail yang hanya bisa diterima melalui ISP
2. E-mail forwarding : layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain
3. Web based E-mail : e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail
1. POP Mail : e-mail yang hanya bisa diterima melalui ISP
2. E-mail forwarding : layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail lain
3. Web based E-mail : e-mail yang ditawarkan garis oleh website penyedia jasa layanan e-mail
Cara menulis dan mengirim e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
Membuka e-mail
1. Tampilkan halaman login YahooMail
2. Masukkan user ID dan password, klik Sign In
3. Tunggu beberapa saat sampai muncul homepage yahoo.com
4. Klik Inbox atau Check Mail
5. Klik subject e-mail untuk membaca
6. Klik Inbox untuk kembali ke daftar e-mail yang masuk
1. Tampilkan halaman login YahooMail
2. Masukkan user ID dan password, klik Sign In
3. Tunggu beberapa saat sampai muncul homepage yahoo.com
4. Klik Inbox atau Check Mail
5. Klik subject e-mail untuk membaca
6. Klik Inbox untuk kembali ke daftar e-mail yang masuk
Membalas e-mail
1. Cara sama dengan membuka e-mail
2. Setelah membaca, klik tombol Replay
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
1. Cara sama dengan membuka e-mail
2. Setelah membaca, klik tombol Replay
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Setelah selasai klik tombol Send
Mengirim file / melampirkan file melalui e-mail
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Klik tombol Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan, klik Open
6. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil di lampirkan
7. Setelah selasai klik tombol Send
1. Login ke e-mail account
2. Klik tombol New (YahooMail)
3. Masukkan alamat e-mail penerima, subject e-mail yang akan dikirim
4. Ketikan isi e-mail
5. Klik tombol Attach untuk menambahkan file, pilih file dengan browse letak file disimpan, klik Open
6. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil di lampirkan
7. Setelah selasai klik tombol Send
Perangkat lunak untuk akses internet :
Aplikasi
Web
Aplikasi
E-Mail
Aplikasi
Chatting
Aplikasi
Teleconference
No comments:
Post a Comment