MATERI TIK SEMESTER 2
MICROSOFT EXCEL
Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah
program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh
Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan
menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft
Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam
komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program
spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC
berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0
diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft
Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang
diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah
data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan
fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak
ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan
administratif mulai yang paling sedernaha sampai
yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat
rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan
harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan
Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih
mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih
kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan
banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik data
pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah
laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan
pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
v Sejarah
Singkat Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah
program spreadsheet yang disebut denganMultiplan, yang sangat populer
dalam sistem-sistem CP/M,
tapi tidak dalam sistem MS-DOSmengingat di sana sudah berdiri saingannya,
yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah
program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan,
seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do
it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada
tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0)
pada November 1987.
Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan
pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988,
Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar programspreadsheet dan
menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi
perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan
Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka
mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya,
rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel
untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2010 (Excel 14), sementara
untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran
tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang
telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya,
Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus
mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua
rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun
demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli
Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama
Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan
huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun
tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas
dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi
default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga
versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel
2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML
namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan
dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika
dibandingkan dengan programspreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya
masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal
pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta
mengandungdata atau formula dengan berisi referensi absolut atau
referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama
yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang
mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga
menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya
sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di
mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang
keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu,
Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
WK1 (1-2-3)
- WK4 (1-2-3)
- WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- WKS (1-2-3)
- WK3 (1-2-3)
- WK1 FMT(1-2-3)
- WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
- WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
- DBF 2 (dBASE II)
- WQ1 (Quattro Pro/DOS)
- WK3,FM3(1-2-3)
- Microsoft Excel Chart (.xlc)
- WK1, ALL(1-2-3)
- WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
- WKS (Works Japanese) (.wks)
Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak
dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:
- Microsoft Excel 2.1 Worksheet
- Microsoft Excel 2.1 Macro
- Microsoft Excel 3.0 Worksheet
- Microsoft Excel 3.0 Macro
- Microsoft Excel 4.0 Worksheet
- Microsoft Excel 4.0 Macro
- Microsoft Excel 97 - Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
- Microsoft Excel 4.0 Workbook
- DBF 3 (dBASE III)
- DBF 4 (dBASE IV)
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
· *.xls,
merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12.
Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
· *.xlt,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
· *.XML,
atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu
menampung macroVBA.
· *.xla,
merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format
BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk
menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
· *.xlsx,
merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang
telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena
alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen
yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang
kuno.
· *.xlsm,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
· *.xlsb,
merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah
berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner.
Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat
tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menanganiworksheet yang
sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
· *.xltm,
merupakan format untuk template worksheet Microsoft
Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA.
Merupakan pengganti dari format*.xlt.
· *.xlam,
merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan
Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA,
mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
2.2. Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi, dengan program ini kita bisa melakukan
kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana
maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan
data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa
berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk
bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa
membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia
juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang
bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data
dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh
dunia,Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan
otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang
benar,maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap
data kita setiap kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita
merancang aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
2.3. Kelebihan
dan Kekurangan Microsoft Excel
Excel 2007 hadir dengan tambahan berbagai fasilitas
sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru
tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan
kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah. Office
Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih
canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan
dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini:
1. Jumlah
kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A
hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom. Serta
baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan
berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada
Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel
mencapai 17 miliar.
3. Memori
yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang
berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah
warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya
56.
5. Jumlah
kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya
dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
6. Jumlah
level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level,
bandingan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
7. Jumlah
daftar pada menu drop-down dalam fasilitas Filter bisa mencapai 10.000,
sebelumnya hanya 1.000.
8. Maksimal
jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya
hanya 1.000 karakter.
9. Jumlah
maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen,
sebelumnya hanya 30 argumen.
10. Maksimal
jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 Milyar,
sebelumnya hanya 64.000.
11. Jumlah
baris yang diperbolehkan di dalam sebuah PivotTable, saat ini mencapai 1 Juta
baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
12. Jumlah
kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya
255 kolom.
13. Jumlah
field pada PivotTable dapat mencapai 16.000, sebelumnya 255.
14. Excel
2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data
entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca
excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software
statistik lainnya.
15. Dengan
memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas
responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau
antar file excel.
16. Dengan
Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang
kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap
ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan
terupdate sendiri. Ini sangat berguna, kecuali kita jago membuat syntax dan
saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
Kelemahan tentu Ada dan ini menjadi perhatian extra untuk
menjaga kualitas pengolahan data. Beberapa kelemahan Excel 2007 adalah:
1. Pivot tabel yang
menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau
nested atau tersarang, banyak orang belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot
yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing
pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah kategori
jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan
baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping atau dibawah ada tabel
pivot lain, maka akan error.
2. Untuk
tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap
editing/updating data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook
Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini
cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan
mematikan proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya
calculating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini
cukup efektif dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau
komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol
office > Excel Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual
dan Recalculate Workbook before saving
3. Untuk
membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal
ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
2.4. Istilah-Istilah
Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah
data secara otomatis meliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi,
pembuatan grafik dan manajemen data.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk
menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai
yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana
kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan harga
barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan
keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data
dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi
matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi
tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini :
Istilah-istilah dalam Excel
a) Cell
: merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah
karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text.
Contoh : cell A3, cell D5
b) Worksheet
(lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
c) Workbook
(buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai
sheet 256)
d) Range
: merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang
anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri
atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4
sampai cell D6
e) Alamat
Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau
fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
f) Alamat
Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris
atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
g) Alamat
Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan
kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar.
Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3
menjadi $A$1*5
h) Name
Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat
nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar. Contoh : Holla nama
lain range A5:G7
ü Menggerakkan
Penunjuk Sel (Cell Pointer)
Cell Pointer berfungsi untuk penunjuk sel aktif. Yang
dimaksud dengan sel aktif ialah sel yang akan dilakukan suatu operasi tertentu.
Untuk menggerakan ponter dengan Mouse dapat dilakukan dengan meng-klik sel yang
diinginkan. Untuk sel yang tidak kelihatan kita dapat menggunakan Scroll Bar
untuk menggeser layar hingga sel yang dicari kelihatan lalu klik sel tersebut.
Untuk kondisi tertentu kita lebih baik menggunakan keyboard. Berikut daftar
tombol yang digunakan untuk menggerakan pointer dengan keyboard :
Tombol Fungsi :
· ←
↑ → ↓ Pindah satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
· Tab
Pindah satu sel ke kanan
13px; line-height: 19px; margin-left: 54pt; text-align:
justify; text-indent: -18pt;">· Enter
Pindah satu sel ke bawah
· Shift
+ Tab Pindah satu sel ke kiri
· Shift
+ Enter Pindah satu sel ke atas
· Home
Pindah ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
· Ctrl
+ Home Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
· Ctrl
+ End Pindah ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
· PgUp
Pindah satu layar ke atas
· PgDn
Pindah satu layar ke bawah
· Alt
+ PgUp Pindah satu layar ke kiri
· Alt
+ PgDn Pindah satu layar ke kanan
· Ctrl
+ PgUp Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
berikutnya
· Ctrl
+ PgDn Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar
sebelumnya
ü Jenis
Data pada Cell
1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
a) Character
: semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan
yakni A-Z, a-z, dan 0-9
b) Numeric
: angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
c) Date
: data tanggal
d) Time
: data waktu
2. Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan
tanda sama dengan
(=………) atau tanda
tambah (+………).
2.5.
Cara Menggunakan Microsoft Excel
A. Menu dan icon pada Microsoft Excel
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama
file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang
standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan,
mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk
mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan
sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili
perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian
program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan
anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap
pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen pengolah angka
Dari contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar
tentang cara pengetikan di excel, alignment, cara memformat huruf, cara
memformat tabel dan cell. Berikut adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam
bidang keguruan :
C. Penerapan Microsoft Excel
Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti
pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:
1. Buat Judul dan Sub Judul Laporan
Arahkan kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1),
kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.
Kemudian ketikkan sub judul laporan pada Cell A1, A2, A3,
dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2. Penggunaan alignment, format font dan format Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah
tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1.
Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah
tabel.
Agar huruf pada judul laporan dan tabel tebal maka
arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold atau dapat juga melakukan
format font lainnya seperti underline atau italic.
Selanjutnya data dapat dilengkapi seperti Gambar 2.
3. Penggunaan format Tabel dan Cell
Microsoft Excel menyediakan fasilitas format table dengan
beberapa template seperti memberi border, warna border, warna cell dan style
font dengan kliktombol format table seperti ini , kemudia akan muncul pilihan
style formattabel seperti berikut ini.
Kita juga dapat melakukan format tabel dan format cell
sesuai selera kita atau tidak menggunakan template yang disediakan Microsoft
Excel. Seperti contohnya pada Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell
sendiri dengan cara :
Untuk membuat border pada tabel, blok tabel yang akan di
beri border dalam hal ini mulai cell A7 sampai M21, kemudian klik panah pada
tombol dan pilih All Border.
Untuk memberi warna pada judul tabel bisa menggunakan
fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8 kemudian klik tombol
kemudian akan muncul pilihan style cell.
4. Penggunaan
Rumus dan Fungsi
Rumus dan fungsi dalam
Excel mempunyai pengertian yang berbeda,
rumus berupa instruksi matematika dalam suatu sel/range dalam lembar
kerja dengan operator aritmatik seperti : +,-, ,/,* dan ^. Sedangkan Fungsi
merupakan rumus siap pakai yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses
perhitungan. Excel menyediakan ratusan fungsi siap pakai diantaranya fungsi
tanggal dan waktu, matematika dan trigonometri, finansial, statistik, lookup
dan referensi, database, teks, dan lain-lain.
1. Menggunakan Rumus (Formula)
Rumus merupakan bagian terpenting dari Program Microsoft
Excel , karena setiap tabel dan dokumen yang kita ketik akan selalu berhubungan
dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam
rumus adalah ;
Lambang Fungsi:
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
+ Penjumlahan
- Pengurangan
* Perkalian
/ Pembagian
^ Perpangkatan
% Persentase
Proses perhitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat
urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali (*), atau bagi (/),
tambah (+) atau kurang
(-).
(-).
2. Macam-macam
formula
1. =SUM(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5
sampai sel H15
Penulisan :
=SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menghitung jumlah pegawai
yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari
sederetan sel yang berada di sel F1 sampai
sel
F17
Penulisan :
=MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari
sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan :
=MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya :
Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari
sel A11 sampai A17
Penulisan :
=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam
daftar argumennya menjadi bilangan mutlak
(absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara
mutlak dari sel yang kita aktifkan, misal di
sel
F17
Penulisan :
=ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan
X tidak boleh negatif
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan :
= SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan
sebagai kunci benar atau salah (memenuhi
syarat
atau tidak)
Bentuk umum: =IF(logical_test ; Value_if_true ;
Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu
sel yang berada di sel F17, tentang kriteria
siswa
dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan
sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih
besar sama
dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan
sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
(artinya jika kolom F17 lebih besar sama
dengan
60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka
GAGAL)
Keterangan :
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakanValue_if_true,
jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya :
Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk umum: =VLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num;
Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum: =HLOOKUP(lookup_value; table_array;
Col_index_num; Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
dari sebuah kiri
Bentuk umum: =LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=LEFT(F17;3) à hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu
dari sebuah kanan
Bentuk
umum: =RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di
sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :
=RIGHT(F17;3) à hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu
dengan sejumlah karakter tertentu
Bentuk umum: =MID(teks;start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru yang
ada di sel F17 (Februari)
Penulisan :
=MID(F17:3:3)
5. Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik Save . Maka akan
terjadi salah satu dari 2 hal berikut :
· Apabila
file belum pernah disimpan, Word akan menampilkan kotak dialog Save As seperti
dibawah. Dan apabila sebelumnya file pernah disimpan dengan nama yang sama,
maka Word akan menyimpan file dan mengembalikan tampilan ke layar dokumen.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
Untuk memberi nama pada file ketikkan nama yang diinginkan dalam kotak File name, lalu tekan tombol Save.
· Apabila
kita ingin menyimpan file yang pernah disimpan dengan nama dan format
penyimpanan lain maka pilih Office Button kemudian klik tanda panah pada Save
as dan pilih format penyimpanan lain misalnya disimpan dengan format Microsoft
Excel 97-2003.
No comments:
Post a Comment