Saturday, November 16, 2013

pengertian, cara menghilangkan ketombe dengan shampoo dan bahan alami

Apa itu Ketombe???
Ketombe merupakan masalah rambut yang disebabkan Mengelupasnnya kulit kepala dan akibat yang timbul adalah  rasa gatal.

Penyebab Ketombe
Tidak jelas apa yang menyebabkan ketombe, akan tetapi ketombe dijumpai  dan timbul ketika rambut jarang dicuci (keramas ) sehingg minyak pada rambut mengering dan lama kelamaan akan menglupas sehingga membentuk serpihan serpihan kecil dan tipis.

Nah ini juga salah satunya makanan penyebab munculnya ketombe 


1. Gorengan
Untuk anda yang suka mengkonsumsi gorengan sebaiknya waspada karena gorengan disinyalir menjadi penyebab munculnya ketombe. Tidak hanya menyebabkan kolesterol, tetapi juga merangsang minyak berlebih di kulit kepala dan kondisi kulit kepala tidak stabil dari lembab ke kering dan sebaliknya.

2. Makanan Pedas
Tidak hanya gorengan saja yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala, namun juga makanan pedas yang menjadikan kondisi kulit kepala tidak stabil. Jika anda sering mengkonsumsi makanan pedas bisa jadi rambut akan lepek dan gatal dan yang lebih parah lagi rambut akan mudah patah.

3. Makanan terlalu panas
Apabila anda akan mengkonsumsi makanan panas yang baru disajikan sebaiknya jangan terburu- buru untuk melahapnya. Sebaiknya tunggu dahulu hingga dingin dan tidak terlalu panas karena apabila mengkonsumsi makanan terlalu panas akan merangsang suhu tubuh menjadi meningkat dari bagian kepala hingga organ pencernaan yang dapat mempengaruhi kondisi kulit kepala.

4. Produk Olahan Susu
Jika anda sangat menyukai makanan yang berbahan dasar susu maka sebaiknya tetap harus waspada dengan tidak terlalu banyak mengkonsumsinya dikarenakan dapat mengurangi ketahanan kondisi kulit kepala dan memicu munculnya ketombe. Makanan ini diantaranya es krim, susu murni, dan keju.

5. Makanan mengandung gula tinggi
Sebaiknya anda hindari makanan yang mengandung gula tinggi jika anda sedang mengalami masalah ketombe agar tidak semakin memperparah kondisinya. Jika memang anda sangat menyukai makanan manis sebaiknya ganti cemilan manis anda dengan buah- buahan yang manisnya berasal dari masak pohon ( manis alami ).

Cara Mengatasi Ketombe
Cara yang dibagikan di sini adalah cara yang sangat sederhana, yaitu dengan jalan keramas dengan bahan bahan yang dapat menetralisir minyak pada rambut. seperti bahan yang terkandung pada jeruk, sabun dan lain sebagainya. Berkeramaslah dengan bahan bahan yang dapat menetralisir minyak pada rambut secara teratur dan rutin. jangan sampai minyak di rambut kita mengering dan kemudian mengelupas sehingga menjadi ketombe.
Saat ini sudah banyak shampoo yang secara instan bisa kita pakai untuk keramas yang memang sudah terkandung bahan anti ketombe. kita tinggal mencari tau apakah dalam shampoo tersebut benar-benar terkandung bahan penetralisir minyak.

selain dengan shampoo kita harus mencoba dengan bahan alami dong sob 

 Ini dia tips menghilangkan ketombe dengan alami

1. Memakai Santan kelapa
Satukan santan dari setengah butir kelapa bersama satu gelas jus nanas, perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Gunakan untuk mencuci rambut dan bersihkan dengan shampo jika sudah selesai. Lakukan tiap lima hari sekali.

2. Menggunakan Aspirin
Hancurkan dua tablet aspirin sampai halus. Tuangkan shampo ke telapak tangan dan campurkan dengan serbuk aspirin. Gunakan untuk keramas dan diamkan selama 1-2 menit, lalu bilas.

3. Baking Soda
Basahi rambut dan gosokkan baking soda pada kulit kepala. Bilas sampai bersih dan kering. Lakukan ini setiap kali Anda mencuci rambut, tetapi hanya gunakan baking soda tanpa shampo. Rambut akan terasa kering pada awalnya. Tetapi setelah beberapa minggu, kulit kepala akan mulai memproduksi minyak alami, membuat rambut terasa lembut dan bebas dari ketombe.

4. Jeruk nipis
Basuhkan air perasan jeruk nipis merata ke seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air dan ulangi cara ini setiap hari sampai ketombe hilang.

5. Obat kumur
Untuk mengobati masalah ketombe yang parah, cuci rambut dengan shampo, kemudian bilas dengan obat kumur yang mengandung alkohol. Cara aneh ini cukup efektif untuk membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan ketombe di kulit kepala.

6. Garam
Taburkan garam merata ke seluruh kulit kepala dan pijat perlahan. Selain mempercepat pengelupasan kulit mati, garam bisa menyingkirkan bakteri dan jamur yang bersemayam di kulit kepala.

7. Cuka sari apel
Cuci rambut dengan shampo lalu bilas. Kemudian gunakan campuran segelas air dan dua sendok makan cuka sari apel untuk membasuh kulit kepala. Biarkan sejenak dan bilas. Anda juga dapat melawan ketombe dengan membasuh 3 sendok makan cuka sari apel pada rambut dan memijat kulit kepala dengan itu sebelum keramas. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dan cuci rambut seperti biasa.

8. Lidah buaya
Kupas kulit lidah buaya dan pakailah daging buahnya untuk dioleskan pada kulit kepala. Diamkan 10 menit, lalu keramas.

9. Jeruk lemon
Campur satu buah lemon dengan 15 ml minyak kelapa. Oles dan pijitkan ke kulit kepala dan diamkan sembari Anda tidur malam. Bersihkan keesokan harinya.

Silahkan dicoba salah satu bahan diatas untuk langsung diaplikasikan treatment menghilangkan ketombe secara alami. Agar penerapan lebih mudah dan hasil lebih baik pilih salah satu bahan yang dianggap paling gampang untuk diterapkan secara konsisten untuk rambut dan kulit kepala.

No comments:

Post a Comment